PROYEK JEMBATAN CIKRETEK KABUPATEN BOGOR MEMBERIKAN DAMPAK LUAS KERUGIAN PADA MASYARAKAT


BOGOR - UPDATE24JAM.ID

Pekerjaan proyek jembatan di Cikretek Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor sudah memasuki 5 bulan tetapi kondisinya masih jauh dari rampung selesai. Ketika media jejakkasus.id melihat pekerjaan proyek jembatan di Cikretek baru sisi kiri yang di pasang beton panjang dan masih belum selesai pekerjaannya.

Media jejakkasus.id mewawancarai masyarakat lokal yang berada di sekitar proyek jembatan dan meminta informasi kapankah jembatan ini selesai maka respon masyarakat mengatakan mungkin 12 bulan lagi baru selesai ujar pak ade sebagai pengojek di dekat proyek. Pekerjaan lain diwilayah kecamatan caringin sangat sulit maka pada umumnya masyarakat lokal bekerja sebagai buruh atau pengojek dan kadang harus merantau ke jakarta bekerja dibangunan.

Pak Wowo sebagai Pengawas Dari PU Kementrian di proyek jembatan Cikretek ketika awak media menemui hanya bisa menjelaskan kita semua sudah capek lelah bekerja siang malam. Perkiraan jembatan sisi kiri bisa digunakan oleh pengendara motor sekitar tanggal 15 Juli 2023 bila tidak ada kendala dan hanya ini yang di ucapkan. Ketika awak media jejakkasus.id berharap bisa mewawancarai lebih luas terkait pekerjaan jembatan cikretek maka pak wowo pulang meninggalkan lokasi proyek dan tidak berkenan awak media meminta informasi lebih luas. Sangat kurang bijaksana Bapak Wowo Pengawas PU kementrian kepada Awak Media.

Pak Wowo Pengawas PU dari Kementrian menggunakan kemeja batik dan rompi kuning merah


Kondisi Proyek
Para pedagang disekitar proyek mengalami penurunan pendapatan lebih dari 50% karena melemahnya daya beli masyarakat dan keluhan ini kami lihat dari banyaknya masyarakat bertanya kapankah jembatan ini rampung dikerjakan dan terasa berat persoalan lemahnya daya beli masyarakat akibat dampak proyek jembatan. 

Bencana alam dengan longsornya tanah di bawah jalan membuat jalan raya provinsi Bogor ke Sukabumi terputus. Hanya akses jalan tol untuk mobil yang bisa di gunakan. 

Masyarakat lokal harus mencari jalan alternatif lain melewati jalan pedesaan yang lebih mahal biayanya sebagai akses keluar masuk menuju ciawi dan kota bogor.

Info jembatan besi sementara baley akan di gunakan kembali dalam beberapa hari lagi juga masih belum ada kepastian karena peralatan berat masih bekerja dan memakan tempat atau bisa membahayakan pengguna jalan. Pak kamal meminta pihak pihak yang memimpin proyek ini dan pemprov jawabarat harus bisa memberikan solusi untuk masyarakat di kecamatan caringin kabupaten bogor karena imbas putusnya jalan raya menuju ciawi ekonomi masyarakat makin terpuruk dan sangat resah

Red update24jam.id