(Pj) Bupati Aceh Singkil Marthunis ST,. D.E.A Tinjau Kampung Guha yang belum ada pembangunan Penerangan listrik Negara (PLN)


Aceh Singkil | update24jam.id (06/07/2023) Pada sore hari ini.

Tommi Menejer Rayon PLN Rimo  Menjelaskan, Bahwa kendala kita dari PLN lima tahun yang lalu, Itu terkait pembebasan lahan yang ada di masyarakat sekitar sini.
"Sehingga menyulitkan kami dari PLN Rayon Rimo, untuk melakukan pemasangan tiang listrik ke Desa Guha Simpang Kanan ini," Ujar Tommi 
Pertama, Karena kalau kita membangun tiang - tiang listrik ke Desa sini. "Pertama kami dari pihak PLN, Syaratnya itu harus ada surat pembebasan lahan tanah dari warga setempat.
Pertama, terkait di areal - areal yang ingin dipasang tiang - tiang listrik. Saat kami melakukan pemasangan tiang listrik nantinya. 
Kedua terkait batang sawit milik warga terdampak dari pemasangan tiang listrik tersebut, itu bagaimana persoalan ganti ruginya." Ungkap Tommi 

Kalau boleh jujur, kami dari pihak PLN Rayon Rimo, dua item itu saja, yang sangat kami perlukan,ketika saat melakukan pemasangan tiang listrik nantinya.
Baru terkait akses jalan mobil pengangkut tiang listrik dari PLN, Ketika saat memasuki Desa ini," Tambah Tommi 
Dikarenakan mengunakan jalan kendaraan roda dua saja susah, menimal akses jalan yang kita lalui. Menimal bisalah untuk akses masuk mobil pengangkut tiang listrik." Pungkasnya
Satu tiang listrik PLN itu, muatanya tersebut 1,5 Ton, biasa kalau kita sekali bawa itu menimal 4 batang tiang listrik, karna kalau kita hanya membawa dua batang, rugi di cost mobilnya," Ucap Tommi

Selanjutnya, Markus Manik Gecik Desa Guha Mengungkapkan, Bahwa adapun yang tinggal di Kampung Guha ini, ada 41 Kepala Keluarga dan Jiwanya 146 orang.
Terkait dengan apa yang telah di sampaikan oleh pihak PLN saya bersama dengan jajaran pengurus desa siap akan membuatkan surat hibbah. 
Sejauh ini kami sudah berbuat dari 18 kebun warga yang akan di pasang i tiang PLN nantinya sudah 17 orang yang sudah menandatangani surat hibbah tersebut.
Tentunya kami akan mendatangi yang satu orang lagi agar di berikan surat hibbah nya.tutupnya Markus manik

Di kesempatan ini kepala desa Lae Gambir (Irwan maha) juga menyampaikan kepada pj Bupati semoga pemasangan PLN segera bisa terwujud dalam jangka cepat Karena menurut kami hal tersebut sangatlah penting mengingat dengan kemajuan jaman  dan kebutuhan di era modern penerangan sangatlah di butuhkan 
Menyangkut dengan hal apa yang telah di sampaikan oleh pihak PLN mengenai surat hibbah yang di sebutkan kami beserta jajaran pengurus desa Lae Gambir tentunya akan membantu dalam menyiapkan surat hibbah tersebut.karena Menuju desa Guha melintasi desa kami tentunya apabila pemasangan tiang PLN nantinya sudah barang pasti di pasang di kebun masyarakat kami. dan kami siap membantu demi terwujudnya penerangan di desa tetangga  kami.tuturnya Irwan maha

Disamping itu, Padang Salah Satu Warga Desa Guha, Suharno Padang mengatakan sangat berterima kasih atas kunjungan Pj. Bupati Aceh Singkil ke Desa tersebut.

Padang Mengatakan, Ia merasa bangga, karna kami disini sifatnya. Mengingat Pak Pj. Bupati Aceh Singkil, karena dari beberapa Bupati Aceh Singkil.
"Apapun keluhan kami selaku masyarakat Desa Guha ini. Bisa dikatakan tidak pernah ditanggapi, mungkin itu hanyalah perasaan kami." Sebut Padang 
Tapi itu semua, mungkin karna kesibukan beliau, jadi kami dari kalangan masyarakat Desa Guha ini semuanya.

Mengucapkan terima kasih sebesar - besarnya kepada Pak Pj. Bupati Aceh Singkil, walaupun Bapak hanya Pj. Bupati Aceh Singkil.
"Rupanya bapaklah yang betul - betul menginspirasi keluhan - keluhan kami masyarakat di Desa Guha ini, kata Padang dengan nada tersedu - sedu dan terharu.
"Terhadap kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Aceh Singkil ke Desa mereka.

Di kesempatan ini camat simpang kanan (Sopian SH) juga menegaskan kepada kepala desa agar segera membuat segala persyaratan atas apa yang di sampaikan oleh pihak PLN agar segera bisa terwujudnya segala apa yang selama ini masyarakat desa Guha idam-idamkan.
( Rayali lingga) update24jam.id